Benarkah Lelaki Lebih Konsisten?

Benarkah Lelaki Lebih Konsisten?

Oleh : Cahyadi Takariawan

 

 

 

Berikut kisah tentang perjalanan keinginan seorang perempuan.

Ketika perempuan masih muda belia, ia menginginkan lelaki yang tampan dan rupawan. Ketika perempuan mulai usia dewasa, ia menginginkan lelaki yang mapan dan dermawan. Ketika perempuan mulai mengerti agama, ia menginginkan lelaki yang sopan dan beriman. Dan ketika perempuan semakin bertaqwa, ia hanya menginginkan lelaki yang bisa membimbingnya menuju surga yang penuh kenikmatan dan kebahagiaan.

Mungkin inilah yang sering disebut orang sebagai “tidak konsisten”, berubah-ubah. Sejak muda hingga tua, keinginannya terus berubah. Perempuan lebih labil pendiriannya, karena mengikuti perasaan. Begitu kata orang.

Lelaki —dalam hal ini— konon lebih konsisten. Tidak berubah-ubah. Sejak masih muda belia sampai tua bangka, lelaki tetap menginginkan perempuan muda dan cantik jelita.

Nah, pertanyaan pentingnya, mengapa secara umum lelaki  cenderung menginginkan perempuan muda? Berikut ini beberapa kemungkinan jawaban.

  1. Karena Lelaki Ingin Terlihat Superior

Lelaki ingin terlihat lebih superior dan terhormat di mata pasangan. Dengan memilih pasangan yang usianya lebih muda, dia merasa lebih mudah untuk menunjukkan sisi kepemimpinannya. Superioritas dirinya bisa lebih terjaga.

  1. Karena Lelaki Ingin Diakui Kehebatannya

Lelaki menganggap, ego dirinya lebih terpenuhi apabila menikah dengan perempuan muda. Dengan itu ia bisa menunjukkan kepada teman-teman atau kolega, bahwa dirinya lelaki yang hebat, buktinya masih ‘laku’ dan ia menjadi bangga karenanya.

  1. Karena Lelaki Lebih Bisa Percaya Diri

Penting bagi laki-laki untuk memiliki rasa percaya diri dalam kehidupan pernikahan. Ia tidak ingin minder atau rendah diri di hadapan istri. Maka memilih perempuan muda akan lebih bisa membuat dirinya percaya diri —karena ia bisa merasa senior dibanding sang istri.

  1. Karena Lelaki Merasa Lebih Bisa Mengatur

Sebagian lelaki menganggap perempuan muda cenderung tidak banyak menuntut. Mungkin karena pada usianya, belum memiliki banyak kebutuhan, juga belum banyak pengalaman. Oleh karena itu, perempuan muda cenderung lebih mudah diatur.

  1. Karena Lelaki Makhluk Visual

Secara umum, lelaki memang makhluk visual, yang sangat mudah tergoda oleh sesuatu yang masuk melalui pandangan matanya. Maka mereka akan cenderung mencari sosok yang ‘menarik’ dri segi pandangan mata. Perempuan muda menjadi pilihannya.

  1. Karena Tengah Mengalami ‘Mid-Life Crisis’

Saat lelaki mengalami mid-life crisis alias krisis paruh baya, ia akan memikirkan ulang berbagai hal dalam hidupnya. Termasuk dalam urusan pernikahan. Dengan memilih perempuan muda, ia bisa merasa kembali muda atau awet muda.

Demikianlah beberapa kemungkinan alasan, mengapa secara umum lelaki cenderung menghendaki perempuan muda. Tentu saja tidak semua lelaki seperti itu. Mereka —kaum lelaki salih dan bertaqwa— akan lebih mementingkan aspek kualitas kepribadian, daripada ‘sekedar’ tampilan luar. Maka, bagi mereka, usia menjadi tidak relevan lagi untuk menjadi pertimbangan utama.

 

Bahan Bacaan

Fimela, Oh Ternyata! Ini 5 Alasan Pria Suka Wanita yang Lebih Muda, 23 November 2015, dalam www.fimela.com

 

Cahyadi Takariawan

Cahyadi Takariawan telah menulis lebih dari 50 judul buku yang sebagian besarnya bertema keluarga. Aktivitasnya saat ini selain menulis adalah menjadi narasumber dalam berbagai seminar dan pelatihan di dalam dan luar negeri. Mendirikan Jogja Family Center (JFC) pada tahun 2000 sebagai kontribusi untuk mengokohkan keluarga Indonesia. Kini JFC bermetamorfosis menjadi Wonderful Family Institute. Beliau dapat diakses melalui Instagram @cahyadi_takariawan

Tinggalkan Balasan