Berapa Jumlah Tamu Undangan dalam Pesta Pernikahan?

Berapa Jumlah Tamu Undangan dalam Pesta Pernikahan?

Serial NSBM3 – “Nikah Sah Berkah Mudah Murah Meriah”

Oleh : Cahyadi Takariawan

 

 

Salah satu Sunnah dalam pernikahan adalah menggelar walimatul ‘ursy alias walimah atau pesta pernikahan. Fungsi dari walimah adalah untuk mengumumkan kepada khalayak adanya pernikahan tersebut, sehingga masyarakat mengetahui dan sekaligus mendoakan.

Tidak ada ketentuan teknis tentang besarnya walimah yang dilaksanakan dalam pernikahan. Semua tergantung kepada situasi dan kondisi masing-masing, tanpa berlebihan dan tanpa membuat keberatan ataupun beban. Jangan sampai pesta pernikahan yang hanya sehari, menjadi beban dalam masa yang panjang, karena hutang misalnya.

Oleh karena itu, semua harus dihitung dengan cermat, dan disesuaikan dengan kemampuan keluarga kedua belah pihak dari penganting lelaki dan perempuan. Termasuk dalam hal jumlah undangan untuk pesta pernikahan, harus ditimbang dengan matang. Bukan sekedar memenuhi keinginan pengantin ataupun keluarga besarnya.

Cara menentukan jumlah undangan untuk pesta pernikahan, adalah dengan menetapkan besaran biaya yang disiapkan. Berapa total besaran budget atau anggaran yang disediakan untuk pesta pernikahan. Setelah ketemu angkanya, semua hal harus diatur dan disesuaikan dengan besaran budget tersebut.

Sebagai contoh, apabila budget yang ditetapkan untuk pesta pernikahan adalah Rp. 15 juta, maka dari angka ini diperinci menjadi satuan teknis. Berapa rupiah yang dialokasikan untuk dekorasi, konsumsi, publikasi, perlengkapan teknis seperti meja, kursi, tenda, sound system, dan lain-lain. Perhatikan fikih prioritas dalam menyusun setiap pos pengeluaran.

Anda harus tega memangkas pengeluaran yang membuat biaya membengkak melebihi budget. Atur-aturlah dengan cermat, bagian mana yang bisa dilakukan efisiensi, bahkan dengan memanfaatkan potensi pertemanan yang memungkinkan untuk penghematan biaya. Misalnya, menghadirkan hiburan dari lingkungan tetangga terdekat, seperti grup hadrah ibu-ibu pengajian di RT sendiri. Ini tentu akan sangat murah, bahkan mungkin saja gratis.

Nah, dari satuan rinci yang sudah ditetapkan pos biayanya, maka akan bisa dihitung berapa jumlah tamu maksimal yang bisa dihadirkan. Anda harus realistis dengan kemampuan yang ada, jangan berlebihan dan menyulitkan hal-hal yang sesungguhnya mudah dan sederhana.

Semua angka dan jumlah akan bisa berubah —baik kualitatif maupun kuantitatif— apabila budgetnya diubah. Misalnya, jika budget berubah menjadi Rp. 50 juta, maka bisa mengubah banyak hal. Sebagaimana jika budget berubah menjadi hanya Rp. 1 juta saja. Semua perubahan tetap harus tunduk kepada besaran budget yang disediakan. Tak boleh melebihinya.

Jika ternyata secara budget hanya cukup untuk mengundang 20 orang tamu, maka pilihlah secara cermat, 20 orang itu siapa saja orangnya. Tentu harus ada unsur keluarga, tetangga terdekat, dan teman-teman dekat kedua belah pihak. Cermati satu persatu, agar 20 orang tersebut benar-benar telah mewakili berbagai kalangan.

Demikian pula jika ternyata secara budget bisa untuk mengundang 100 orang tamu, tetapkan siapa saja 100 tamu tersebut. Pada intinya, berapa jumlah tamu yang diundang, disesuaikan dengan besaran budget yang telah ditetapkan. Jangan memulai perhitungan dari jumlah tamu yang ingin diundang, baru menghitung kebutuhan biaya keseluruhannya. Ini akan membuat biaya membengkak, saking banyaknya pihak yang ingin diundang.

Jangan cemas dan khawatir terhadap komentar orang, karena mereka tidak mengerti situasi yang anda hadapi. Anda yang lebih mengerti dan bahkan paling mengerti tentang situasi dan kondisi anda sendiri. Maka jangan risau dengan komentar orang lain atas pesta pernikahan anda.

Peganglah prinsip, yang paling penting dalam pernikahan adalah : sah, berkah, mudah, murah dan meriah. Sah berarti sesuai syari’ah. Berkah berarti memberikan nilai tambah kebaikan dalam kehidupan. Mudah, murah, meriah adalah prinsip efisiensi dengan menggunakan fikih prioritas dalam pernikahan.

Siap? Jadi, berapa jumlah tamu yang akan anda undangan dalam pesta pernikahan? Mulailah dari menetapkan budget atau anggaran pernikahan. Dari situ, semua ditentukan.

 

Kereta Api Malioboro Ekspress, Malang – Yogyakarta 22 Juli 2019

Cahyadi Takariawan

Cahyadi Takariawan telah menulis lebih dari 50 judul buku yang sebagian besarnya bertema keluarga. Aktivitasnya saat ini selain menulis adalah menjadi narasumber dalam berbagai seminar dan pelatihan di dalam dan luar negeri. Mendirikan Jogja Family Center (JFC) pada tahun 2000 sebagai kontribusi untuk mengokohkan keluarga Indonesia. Kini JFC bermetamorfosis menjadi Wonderful Family Institute. Beliau dapat diakses melalui Instagram @cahyadi_takariawan

Tinggalkan Balasan