Cahyadi Takariawan: Konselor Ketahanan Keluarga, pendiri Wonderful Family Institute

Cahyadi Takariawan: Konselor Ketahanan Keluarga, pendiri Wonderful Family Institute

Nama Lengkap : Cahyadi Takariawan

Nama Panggilan : Pak Cah

Nama istri : Ida Nur Laila

Jumlah Anak : 6 anak

Agama : Islam

Tempat Lahir : Karanganyar

Tanggal Lahir : 11 Desember 1965

Pendidikan :

  • Farmasi UGM
  • Pendidikan Profesi Apoteker UGM
  • Program Pendidikan Reguler Angkatan 45 / PPRA – XLV Lemhannas RI
  • Pendidikan Konselor Keluarga

Hobi : Menulis, membaca, travelling, kopi

Warga Negara : Indonesia

Aktivitas:

  • Konselor Sosial untuk Ketahanan Keluarga sejak tahun 2000
  • Penulis buku keluarga
  • Pengasuh Pengajian Permata / Pernik-pernik Rumah Tangga
  • Trainer di Wonderful Family Institute

Organisasi : Jogja Family Center, Rumah Keluarga Indonesia, Pegiat Keluarga / GIGA

Media Sosial: Cahyadi Takariawan (Facebook Fanpage), @cahyadi_takariawan (Instagram)

Website :

  1. kompasiana.com/pakcah
  2. pakcah.id
  3. ruangkeluarga.id

Tempat Tinggal : Yogyakarta

 

Cahyadi Takariawan atau akrab dipanggil Pak Cah, lahir hari Sabtu Pahing 11 Desember 1965, di desa Salam, kecamatan Karangpandan, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Saat ini, Pak Cah berdomisili di Mertosanan Kulon RT 02, Potorono, Banguntapan, Bantul. Ia dan sang istri, Ida Nur Laila, dikaruniai enam orang anak. Baru-baru ini, statusnya bertambah menjadi seorang kakek dengan lahirnya cucu pertama.

Ia menyelesaikan kuliah di Fakultas Farmasi UGM, kemudian meneruskan Pendidikan Profesi Apoteker di kampus yang sama. Ia pun pernah menjadi “Santri Kalong” di Pesantren Mahasiswa Budi Mulia Yogyakarta dan di Pondok Pesantren Sabilul Khairat, kabupaten Semarang, Jawa Tengah, dan mengaji “sorogan” langsung kepada para ustadz dan kyai di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Selain itu ia juga pernah mengikuti Program Pendidikan Reguler Angkatan 45 (PPRA XLV) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI tahun 2010, dan Pendidikan Konselor Keluarga.

Sejak muda sampai saat ini, Pak Cah aktif di banyak organisasi, misalnya Senat Mahasiswa Fakultas Farmasi UGM, ketua –bahkan pendiri– Keluarga Mahasiswa Muslim Fakultas Farmasi UGM, HMI MPO Cabang Yogyakarta, UKKI Jamaah Shalahuddin UGM, dan juga Keluarga Alumni Jamaah Shalahuddin UGM, Forum Lingkar Pena (FLP). Saat ini ia masih aktif di Balai Budaya Gambiran (BBG), Jogja Family Center (JFC), Rumah Keluarga Indonesia (RKI) dan Ikatan Alumni Lemhannas RI (IKAL)

Selain menjadi konsultan pernikahan secara online dan menjadi mentor kelas menulis online, aktivitas Pak Cah saat ini antara lain: Penulis Buku, Senior Editor PT Era Adicitra Intermedia, Trainer di The TrustCo Institute, Konselor di Jogja Family Center (JFC), Pengasuh Pengajian PERMATA (Pernik-pernik Rumah Tangga), Pembina PT. Lentera Utama Keluarga, dan Pendiri dan Pembina Wonderful Family Institute.

Buku yang ia tulis dan sudah terbit lebih dari empat puluh buku. Wonderful Series, buku yang ia tulis dan kini sudah menjadi buku best seller, terdiri dari tujuh buku yaitu: Wonderful Husband, Wonderful Wife, Wonderful Marriage, Wonderful Journey, Wonderful Couple, Wonderful Family, dan Wonderful Love.

Selain itu, masih banyak buku lain yang sudah ia terbitkan, antara lain: Yang Tegar di Jalan Dakwah, Pernik-pernik Rumah Tangga Islami, Fikih Politik Perempuan, Di Jalan Dakwah Aku Menikah, Di Jalan Dakwah Kugapai Sakinah, Izinkan Aku Meminangmu, Agar Cinta Menghiasi Rumah Tangga Kita, Rekayasa Masa Depan Dakwah, Dialog Peradaban: Islam Menggugat Materialisme, Kitab Tazkiyah, Media Massa Virus Peradaban, Menjadi Pasangan Paling Berbahagia, Panduan Ibadah Ramadhan, dan lain-lain.

Pak Cah juga pernah memperolah penghargaan sebagai “Penulis Buku Berbahasa Indonesia Terbaik” 2006 dari Kemendiknas RI dan Kompasianer Favorit / “Best People Choice 2014” dari Kompasiana.

Berinteraksi lebih dekat dengan Pak Cah melalui media sosialnya:

Instagram: cahyadi_takariawan

Twitter: @PakCah

Fanpage Facebook: cayadi.takariawan

Website: pakcah.id

ruangkeluarga

Tinggalkan Balasan