Elly Risman: Sang Psikolog Spesialis Pengasuhan Anak

Elly Risman: Sang Psikolog Spesialis Pengasuhan Anak

Nama Lengkap       : Elly Risman Musa

Nama Panggilan     : Elly

Status                      : Menikah

Jumlah Anak           : 3 orang

Agama                    : Islam

Tempat Lahir           : Aceh

Tanggal Lahir          : Sabtu, 21 April 1951

Hobi                       : Membaca

Warga Negara        : Indonesia

Pendidikan             :

  • Psikologi Universitas Indonesia
  • Summer Course University of Hawaii, USA
  • Special student Florida State
  • Telah mengikuti berbagai pelatihan parenting di USA

 

Aktivitas                 :

  • Psikolog
  • Pendiri dan direktur Yayasan Kita dan Buah Hati
  • Direktur Pendidikan Pesantren Subulussalam, Aceh, Singkil
  • Narasumber tentang pengasuhan dan konsultasi anak dalam dan luar negeri
  • Pengasuh kolom konsultasi keluarga di Majalah Paras
  • Narasumber Radio SMART FM 95.9 setiap Rabu jam 11.00

 

Organisasi             :

Media Sosial          :  @EllyRisman (Twitter)

Tempat Tinggal : Kompleks AL No. 42 Jati Makmur, Pondok Gede, Bekasi.

 

Elly Risman Musa adalah seorang psikolog perempuan yang fokus pada parenting dan pendidikan anak. Psikolog berjilbab ini dulunya menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Indonesia di Fakultas Psikologi. Setelah lulus pada tahun 1979, dua tahun kemudian Elly Risman Musa memulai kariernya dengan bekerja di sebuah perusahaan bernama PT. Surindo.

Di sana, beliau menjabat sebagai Direktur Operasi. Dalam kariernya yang satu ini, ilmu psikologinya tidak teraplikasi. Meskipun demikian, beliau berusaha mengaplikasikan ilmu psikologi dan pendidikan anak yang dimiliki dengan cara mendirikan taman kanak-kanak dan pondok pesantren. Kariernya sebagai Direktur Operasi PT. Surindo bertahan selama lima belas tahun.

Selain menempuh pendidikan formal di Universitas Indonesia, Elly Risman Musa juga sempat mendalami kelas parenting di Florida State University Talahase. Kunjungannya ke Amerika pada saat itu sebenarnya untuk menemani suaminya yang sedang mengambil program PhD.

Sembari menunggu sang suami belajar, Elly Risman Musa menyibukkan diri di kelas keorangtuaan yang diambilnya dan setelah itu mendirikan TK/TP Alquran di Talahase. TK/TP Alquran yang beliau dirikan di Talahase ini merupakan karya nyatanya setelah mendalami ilmu psikologi dan pendidikan anak. Di sana, beliau menjabat sebagai kepala sekolah hingga tahun 1997.

Tidak hanya berkarya di Amerika Serikat, sekembalinya ke tanah air di tahun 1998 Elly Risman Musa langsung memutuskan untuk mendirikan sebuah yayasan nirlaba yang diberi nama Yayasan Kita dan Buah Hati. Yayasan yang dibentuknya bersama dengan Neno Warisman ini memiliki spesifikasi dalam bidang pengasuhan anak di dalam keluarga. Yayasan ini beralamat di Jl. Dewi Sartika No.188 Lt.3 Telp. 808 71762, 808 71763

Yayasan tersebut juga memberikan masukan kebijakan mengenai parenting dan pendidikan anak kepada beberapa lembaga seperti BKKBN, Departemen Pendidikan, Departemen Agama, Departemen Kesehatan, Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah. Selain itu banyak juga sekolah yang menggunakan jasa Yayasan Kita dan Buah Hati, sebut saja sekolah Al-Fikri- Depok, Nurul Fikri- Cimanggis, dan Al-Azhar Jakarta.

Puluhan psikolog telah bergabung dalam yayasan itu di bawah komando Elly sebagai direktur pelaksana. Selain disibukkan dengan rutinitas seminar dan mengurus yayasannya, Elly juga aktif dalam beberapa kegiatan yang tentunya masih berkaitan dengan dunia anak. Seperti menjadi anggota Kelompok Kerja Kesejahteraan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan, mengasuh kolom konsultasi keluarga & seksualitas remaja Harian Umum Republika, serta mendirikan perpustakaan bagi anak-anak tidak mampu di wilayah Pondok Gede.

 

Sumber:

ruangkeluarga

Tinggalkan Balasan