Ingin Pahala Melimpah? Mari Bersedekah

Ingin Pahala Melimpah? Mari Bersedekah

Oleh : Cahyadi Takariawan

Sudah kita ketahui bersama, bahwa sedekah (shadaqah) adalah amal yang sangat besar manfaat dan pahalanya di sisi Allah. Salah satu keutamaan sedekah adalah, berlipatnya pahala yang akan Allah berikan. Setiap sedekah yang kita keluarkan dengan ikhlas karena Allah, akan diberikan pahala berlipat tujuhratus kali, bahkan bisa lebih dari itu tanpa batas, atas izin Allah, sebagaimana firmanNya:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261).

 

Sedemikian penting amal sedekah bagi manusia, sampai pembicaraan antar manusia dinilai tidak ada kebaikan (la khaira), apabila tidak ada ajakan untuk bersedekah. Allah Ta’ala berfirman:

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat baik (ma’ruf), atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar”. (QS. An Nisa: 114).

 

Dalam ayat ini, Allah memberikan penggambaran, bahwa kebanyakan pembicaraan antar manusia tidaklah mengandung kebaikan, namun apabila pembicaraan tersebut mengandung ajakan untuk bersedekah, maka baru bernilai kebaikan. Hal ini menandakan, betapa penting nilai sedekah, sampaipun yang dinilai sebagai kebaikan bukan hanya amal sedekah itu sendiri, namun perbuatan ‘mengajak atau menyuruh manusia bersedekah’, juga dinilai sebagai kebaikan.

 

Omongan ‘ngalor ngidul’ yang banyak dilakukan manusia, tidak dinilai sebagai kebaikan, kecuali apabila ada ajakan untuk bersedekah, ajakan berbuat ma’ruf, dan islah di antara manusia. Demikian pula tulisan yang banyak beredar di web, blog, dan medsos, tidaklah disebut sebagai kebaikan, kecuali apabila tulisan tersebut mengandung ajakan untuk bersedekah, ajakan berbuat ma’ruf, dan islah di antara manusia.

 

Oleh karena itu, mari berlomba melakukan sedekah, dan mengajak orang lain bersedekah, agar mendapatkan pahala melimpah. Salurkan sedekah anda melalui LAZISQU untuk berbagai aktivitas kebaikan yang sangat luas. Kirim donasi anda melalui Bank Syariah Mandiri 7224-7334-74 a.n. YAYASAN LAZISQU. Informasi LazisQu : 0878 3955 9003. Web : www.lazisqu.or.id. Instagram : @lazisqu.

 

Salah satu cara bersedekah adalah dengan menyebarkan artikel ini kepada keluarga, karib kerabat, sanak saudara, handai taulan, sahabat, tetangga dan siapapun juga. Menyebarkan tulisan ini adalah kebaikan, karena mengandung ajakan bersedekah.

Hamad Internasional Airport, Doha, 14 Maret 2019

Cahyadi Takariawan

Cahyadi Takariawan telah menulis lebih dari 50 judul buku yang sebagian besarnya bertema keluarga. Aktivitasnya saat ini selain menulis adalah menjadi narasumber dalam berbagai seminar dan pelatihan di dalam dan luar negeri. Mendirikan Jogja Family Center (JFC) pada tahun 2000 sebagai kontribusi untuk mengokohkan keluarga Indonesia. Kini JFC bermetamorfosis menjadi Wonderful Family Institute. Beliau dapat diakses melalui Instagram @cahyadi_takariawan

Tinggalkan Balasan