Ummu Salamah Sang Inisiator, Konselor dan Motivator

Ummu Salamah Sang Inisiator, Konselor dan Motivator

#Kisah Teladan

Ummu Salamah Sosok Inisiator, Konselor dan Motivator

Oleh : Ummu Rochimah

Bernama asli Hindun binti Abu Umayyah bin Mughirah bin Abdullah bin Umar bin Makhzum bin Yaqzhah bin Murrah Al Makhzumiyah. Ia adalah sepupu Pedang Allah, Khalid bin Walid, sekaligus sepupu Abu Jahal bin Hisyam.

Lahir 28 tahun sebelum Nabi saw hijrah. Termasuk salah satu perempuan yang ikut berhijrah ke Habasyah.

Sebelum menjadi istri Nabi, ia menikah dengan Abdullah (Abu Salamah) yang merupakan saudara sesusu Nabi saw.

Abu Salamah syahid setelah menderita luka-luka yang cukup parah saat mengikuti perang Uhud. Menghadapi kematian suaminya Ummu Salamah minta diajarkan doa oleh Nabi saw. Doa yang dapat menentramkan hati. Nabi saw berkata, “Ucapkanlah olehmu, ‘Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un’, lalu berdoalah, “Allahumma ajirni fii mushibati wakhlufni khairan minha (Ya Allah, berikanlah pahala untukku atas musibah ini dan berilah untukku ganti yang lebih baik daripadanya.'”

Ternyata doa Ummu Salamah terkabul di kemudian hari. Nabi saw melamar dan menikahinya. Padahal, sebelumnya Abu Bakar sudah menawarkan diri untuk menikahinya namun Ummu Salamah menolaknya. Bahkan saat Umar meminangnya juga ditolak. Hingga datang Nabi saw melamarnya dan ia pun menerimanya.

Sosok Ummu Salamah adalah seorang perempuan yang cerdas, kaya ide dan gagasan, menjadi inisiator, konselor dan motivator handal dalam proses pengambilan keputusan.

Sosok Inisiator, Konselor dan Motivator

Peristiwa yang begitu lugas menggambarkan kecerdasan dan kemampuan Ummu Salamah sebagai motivator nampak pada saat selesai penandatanganan Perjanjian Hudaibiyah.

Hampir semua sahabat merasa sedih dan kecewa dengan isi perjanjian tersebut. Bahkan Umar pun memprotes keputusan Nabi saw. Konsekuensi perjanjian itu adalah bahwa mereka gagal masuk ke Mekkah dan harus kembali ke Madinah. Mereka harus mengakhiri perjalanan itu dengan menyembelih hewan kurban dan mencukur rambut.

Nabi saw pun menyeru kepada para sahabat untuk segera melakukan hal tersebut. Namun, sahabat yang saat itu masih diliputi perasaan sedih dan kecewa dengan keputusan Nabi saw tak ada seorang pun yang beranjak melakukannya. Nabi saw pun menjadi risau dan gelisah melihat sikap para sahabatnya, beliau kembali masuk ke tenda dengan wajah yang gusar dan sedih.

Ummu Salamah yang mengetahui hal itu langsung berkata, “Wahai Nabi Allah, apakah engkau ingin sahabatmu mengerjakan perintahmu? Sebaiknya, engkau keluar saja. Jangan bicara dengan siapa pun sebelum engkau menyembelih hewan kurbanmu dan memanggil tukang cukur untuk mencukur rambutmu.”

Nabi saw pun mengikuti saran Ummu Salamah dan ternyata hasilnya sangat efektif. Saat para sahabat melihat Nabi saw melakukannya, mereka langsung menyembelih hewan kurban masing-masing dan saling mencukur rambut sesama mereka.

Dengan hal itu para sahanat terselamatkan dari perbuatan durhaka kepada Nabi saw.

Keistimewaan Ummu Salamah

Selain cerdas, Ummu Salamah dikenal sebagai perempuan yang faqih dalam agama dan menjadi rujukan para sahabat dalam beberapa persoalan hukum dan fatwa, tidak salah jika beliau dijuluki sebagai Ulama perempuan generasi sahabat. Jumlah hadits yang diriwayatkan melalui Ummu Salamah mencapai 378 hadits.

Ummu Salamah juga menjadi penyebab turunnya beberapa ayat Al Quran karena sikap cerdas dan kritisnya, antara lain, Surat An Nisa : 32; Al Ahzab : 25; Ali Imran : 195

Ummu Salamah dikaruniai usia yang panjang hingga mencapai 90 tahun dan mengalami masa pemerintahan Khulafa’ Rasyidin hingga pemerintahan Yazid bin Mu’awiyah. Beliau wafat pada tahun 61 H (menurut pendapat yang paling kuat). Semoga Allah meridhainya dan menjadikan surga firdaus sebagai tempat persinggahan terakhirnya.

Sumber bacaan :
🔴 Mahmud Al Mishri, 35 Sirah Shahabiyah, jilid 1, Al I’tishom
🔴 Muhammad Said Dasuki, Cinta di Rumah Nabi Muhammad, Gema Insani
🔴 Tim Syamil Books, 64 Sahabat Teladan Utama, Para Pemimpin Bidadari Surga, Sygma Creative Media Corp

Ummu Rochimah

Tinggalkan Balasan